definisi pendidikan menurut ki hadjar dewantara adalah

Pengantar

Halo selamat datang di potatocorner.co.id. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang definisi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara yang telah menjadi salah satu tokoh penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara, atau biasa dikenal dengan nama Soewardi Soerjaningrat, adalah seorang pemikir, pendidik, dan negarawan yang sangat berjasa dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.

Definisi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara mengacu pada pendekatan holistik, yang melibatkan semua aspek dalam pembentukan karakter dan kepribadian siswa, bukan hanya fokus pada aspek akademis semata. Menurut Ki Hadjar Dewantara, pendidikan haruslah mencakup pengembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual siswa. Pendekatan ini bertujuan untuk menghasilkan individu yang seimbang dalam segala aspek kehidupan.

Pendahuluan

1. Melibatkan keterlibatan orang tua dan masyarakat

Ki Hadjar Dewantara percaya bahwa pendidikan bukan hanya tanggung jawab sekolah semata, tetapi juga melibatkan orang tua dan masyarakat. Orang tua memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan anak-anak mereka di rumah, sedangkan masyarakat berperan dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak di luar sekolah.

2. Menghargai keberagaman

Ki Hadjar Dewantara juga menekankan pentingnya menghargai keberagaman dalam pendidikan. Setiap individu memiliki potensi dan bakat yang berbeda, sehingga pendidikan harus memberikan kesempatan yang sama kepada semua individu untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

3. Mengutamakan pendidikan karakter

Bagi Ki Hadjar Dewantara, pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting. Selain akademik, pendidikan juga harus menjadikan siswa sebagai individu yang memiliki kepribadian yang baik, memiliki nilai-nilai moral yang tinggi, serta memiliki rasa empati dan peduli terhadap sesama.

4. Memberikan pendidikan yang relevan

Menurut Ki Hadjar Dewantara, pendidikan haruslah relevan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Kurikulum dan metode pengajaran harus terus diperbarui sesuai dengan tuntutan zaman agar siswa siap menghadapi tantangan kehidupan di masa depan.

5. Memperhatikan kesenian dan keterampilan siswa

Ki Hadjar Dewantara juga menekankan pentingnya pengembangan kesenian dan keterampilan siswa. Beliau percaya bahwa melalui seni dan keterampilan, siswa dapat mengembangkan kreativitas, kepekaan, dan kemampuan berpikir yang tinggi.

6. Mengembangkan semangat kebangsaan

Salah satu visi Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan adalah mengembangkan semangat kebangsaan pada siswa. Beliau berharap agar melalui pendidikan, siswa dapat mengenal dan mencintai budaya, sejarah, dan nilai-nilai bangsanya, serta memiliki rasa cinta dan tanggung jawab terhadap negara.

7. Menjaga kelestarian lingkungan

Ki Hadjar Dewantara juga peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup. Beliau menekankan pentingnya pendidikan dalam membentuk kesadaran siswa tentang perlunya menjaga dan melestarikan lingkungan untuk generasi mendatang.